Selasa, 22 Maret 2011

RESUME PERILKON BAB 5

BAB 5

  •   Syarat Proses Belajar
           Syarat proses belajar yaitu dengan adanya empat unsure yangmendorong proses belajar tersebut. Empat unsur tersebut adalah motivasi, isyarat, respons, dan pendorong atau penguatan. Motivasi adalah daya dorong dari dalam diri onsumen, motivasi muncul karena adanya kebutuha. Konsumen yang ingin membeli rumah baru akan terdorong untuk mencari informasi apapun mengenai baerbagai hal yang berkaitan dengan rumah. Isyarat adalah stimulus yang mengarahkan motivasi tersebut, isyarat akan mempengaruhi cara konsumen bereaksi terhadap suatu motivasi. Respons adalah reaksi konsumen terhadap isyarat, contohnya yaitu ketika bagaimana reaksi konsumen setelah membaca suatu brosur atau setelah konsumen melihat ikalan di televise atau radio. Pendorong atau penguatan adalah sesuatu yang meningkatkan keecenderungan seorang konsumen untuk berprilaku pada masa dating karena adanya isyarat atau stimulus.
  •   Proses Belajar Perilaku
           Proses belajar berprilaku adalah proses belajar yang terjadi ketika konsumen bereaksi terhadap lingkungannya atau stimulus luar. Proses belajar perilaku terbagi menjadi:
1.      Proses belajar classical conditioning
      Classical conditioning adalah suatu teori belajar yang mengutarakan bahwa makhluk hidup, baik manusia maupun binatang adalah makhluk pasif yang bisa diajarkan perilaku tertentu melalui pengulangan
      Aplikasi Classical Conditioning Dalam Pemasaran terdapat tiga konsep yaitu pengulangan (repetition) yaitu proses penyampaian pesan kepada konsumen beulang kali, dengan frekuensi yang berkali-kali, generalisasi stimulus (stimulus genelization) yaitu kemampuan seorang konsumen untuk bereaksi sama terhadap stimulus yang relative berbeda, dan diskriminasi stimulus yaitu konsumen diharapkan bisa mengambil kesimpulan berbada terhadap beberapa stimulus yang mirip satu dengan yang lainnya. Diskriminasi stimulus biasanya dipakai untuk melakukan posisioning dan differentiation suatu produk. Posisioning suatu produk atau merek adalah citra atau image atau persepsi yang dimiliki konsumen terhadap produk tersebut.
2.      Pr Proses Belajar Instrumental ( Operant Conditioning )
      Operant conditioning adalah proses belajar yang terjadi pada diri konsumen akibat konsumen menerima imbalan yang positif atau negative karena mengkonsumsi suatu produk sebelumnya. Operant conditioning memiliki empat konsep yang pertama adalah penguat yaitu rangsanagn yang meningkatkan peluang seseorang untuk mengulangi perilaku yang perbah dilakukannya. Yang kedua adalah hukuman dan yang ketiga adalah kepunahan dan yang keemapt shaping.
3.      Observational Learning
      Observation learning merupakan proses belajar yang dilakukan konsumen ketika ia mengamati tindakan dan perilaku orang lain dan konsekkuensi dari periloaku tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar