Selasa, 22 Maret 2011

RESUME PERILKON BAB 4

BAB 4
Ø  Engel, Blackwell dan Miniard (1995) mengutip pendapat  William Mc Guire yang menyatakan bahwa ada lima tahap pengolahan informasi yaitu sebagai berikut:

AMBANG ABSOLUT
      Ambang absolute merupakan jumlah minium intensitas atau energy stimulus yang diperlukan oleh seorang konsumen agar ia merasakan sensasi. Hali ini dkarenakan sensasi dipengaruhioleh ambang absolute. Contoh dari ambang absolute yaitu ketika seorang konsumen bisa melihat atau membaca merek pada billboard pada kejauhan 100-200 m dan jarak tersebutlah yang dimaksud sebagai ambang absolute.
      Sensory adaptation yaitu adaptasi terhadap stimulusyang diterima ketika kosumen tersebut terus menerus menerima stimulus yang sama dalam intensitas maupun jenisnya.
      Ambang berbeda yaitu merupakan factor kedua yang mempengaruhi sensasi batas perbedaan terkecil yang dapat dirasakan antara dua stimuls yang mirip.
PERHATIAN
      Perhatian merupakan proses pengolhan informasi tahap ke dua. Ada dua factor yang mempengaruhi perceptual selection atau erhatian konsumen terhadap stimulus yang akan diperhatikannya:
a.       Faktor pribadi yaitu karakteristik konsumen yang muncul dari dalam diri consume
b.      Faktor stimulus yaitu factor yang bisa dikontrol dan dimanipulasi oleh pemasar dan pengiklan dengantujuan untuk menarik perhatian konsumen.
Faktor stimulus bisa berupa :
a.       Ukuran
b.      Warna
c.       Intensitas
d.      Kontras
e.       Posisi
f.       Petunjuk
g.      Gerakan
h.      Kebaruan
i.        Isolasi
j.        Stimulus yang disengaja
k.      Pemberi pesan yang menarik
l.        Perubahan gamba yang cepat


PEMAHAMAN
      Pemahaman merupakan usaha konsumen untuk mengartikan atau menginterpretasikan stimulus. Ada tiga prinsip perceptual organizazion:
a.       Gambar dan latar belakang yaitu objek yang ditempatkan dalam suatu latar belakang dimana konsumen cenderung memisahkan mana objek yang harus diperhatikan dan mana latar belakangnya.
b.      Pengelompokan yaitu orang yang mengelompokan stimulus hingga membentuk satu arti. Tiga prinsip grouping yaitu kedekatan, kesamaan dan kesinambungan
c.       Closure yaitu konsumen berusaha memahami suatu objek dalam arti yang utuh walaupun ada bagiuan dari objek tersebut hilang.
PENERIMAAN
      Setelah konsumen melihat stimulus memperhatikan dan memehami stimulus tersebut maka sampailah kepada suatu kesimpulan mengenai stimulus atau objek tersebut. Didalam konteks pemasaran maka persepsi kosumen bisa berupa persepsi produk, persepsi merek, persepsi pelayanan, persepsi harga, persepsi kualitas produk, persepsi took/persepsi terhadap konsumen.
RETENS
      Proses pemindahan informasi jangka panjang. Informasi yang disimpan adalah interpretasi konsumen terhadap stimulus yang diterimanya. Memory terdiri atas tiga system penyimpanan, sensory memory, short ter memory (memory jangka pendek) dan long term memory (memory jangka panjang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar