Senin, 11 April 2011

RESUME PERILKON BAB 1

BAB 1 PENDAHULUAN PERILAKU KONSUMEN
summarized by DWI RIZKY GUSTINA C44080037
 (Majoring Marine Fisheris Tecnologi and Manajement, Agriculturan University,
Bogor Indonesia)

Ø Konsumen diartikan dalam dua jenis konsumen yaitu konsumen individu dan konsumen organiasasi,
Ø Konsumen individu merupakan konsumen yang membeli barang atau jasa untuk di pergunakan sendiri.
Ø Konsumen organisasi yaitu konsumen yang meliputi organisasi bisnis, lembaga social , kantor pemerintah , dan lembaga lainya.
Ø Perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi.
Ø Pentingnya mempelajari perilaku konsumen dalam yang pertama hal pemasran yaitu para pemasar memahami konsumen, dan berusaha mempelajari bagaimana mereka berperilaku, bertindak dan berfikir. Para pemasar memahami perilaku konsumen juga mampu mempengaruhi perilaku tersebut sehingga sesuai dengan apa yang diinginkan pemasar. Mempengaruhi perilaku konsumen adalah mempengaruhi konsumen agar mereka mau memilih produk tertentu dan merek tertentu yang ditawarkan pemasar tersebut.
Ø Yang kedua yaitu kepentingan pendidikan dan perlindungan konsumen.
Ø Yang ketiga yaitu untuk perumusan kebijakan masyarakat dan undang-undang perlindungan konsumen
Ø Proses keputusan konsumen dalam membeli atau mengkonsumsi produk dan jasa dipengaruhi oleh tiga factor utama yaitu:
a.    Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh produsen dan lembaga lainnya
b.   Faktor perbedaan individu konsumen
c.    Faktor lingkungan konsumen
Ø Proses keputusan konsumen akan terdiri atas tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternative, pembelian, dan kepuasan konsumen. Pemahaman terhadap factor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen akan memberikan pengetahuan kepada pemasar bagaimana menyusun strategi dan komunikasi pemasaran yang lebih baik.

Besad on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : teori dan penerapannya dalam pemasaran (consumer behavior: theory and application in marketing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar