Senin, 11 April 2011

RESUME PERILKON BAB 7

BAB 7 SIKAP KONSUMEN
summarized by DWI RIZKY GUSTINA C44080037
(Majoring Marine Fisheris Tecnologi and Manajement, Agriculturan University,
Bogor Indonesia)

Ø  Sikap konsumen adalah factor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen. Konsep sikap sangat terkait dengan konsep kepercayaan dan perilaku.
Ø  Kepercayaan konsumen adalah pengetahuan konsumen mengenai suatu objek atributnya dan manfaatnya.
Ø  Ken konsumen atau pengetahuan konsumen menyangkut kepercayaan bahwa suatu produk memiliki berbagai atribut dan manfaat dari berbagi atribut tersebut. P terasebut berguna dalam mengkounikasikan atribut dalam produk sehingga kepercayaan konsumen terhadap suatu produk, atribut dan manfaat produk bisa tercapai.
Ø  Definisi sikap merupakan evaluasi dari seseorang
Ø  Sikap dianggap memiliki tiga unsure yaitu: 1) kognitif (pengetahuan), 2) afektif (emosi dan perasaan), 3) konatif (tindakan).
Ø  Karakeristik sikap:
1.   Sikap memiliki objek ex: produk, merek, iklan, harga
2.   Konsistensi sikap ex: wanita mengendarai BMW warna biru
3.   Sikap positif, negative dan netral ex: ina suka makan coklat (positif), ia tidak suka roko (negative) dan ia tidak memiliki sikap.
4.   Intensitas sikap ex:  sikap seseorang terhadap suatu produk yaitu seperti dia terlalu suka ataupun dia tidak suka
5.   Resistensi sikap ex: seseorang yang tidak menyukai sayur tetapi karena saran dokter ia harus mengkonsumsi sayur maka perilaku ia akan berudah jadi mengkonsumsi sayur.
6.   Persistensi sikan ex: sikap berubah karena berlalunya waktu
7.   Keyakinan sikap ex: keyakinan konsumen terhadap sikap yang dimilikinya
8.   Sikap dan situasi ex: orang ga suka jus pada pagi hari tapi suka jus pada siang hari
Ø  Fungsi sikap dan strategi mengubah sikap konsumen
1.   Fungsi utilitarian yaitu mengarahkan perilaku untuk mendapatkan penguat positif (manfaat) atau menghindari resikodari produk
2.   Fungsi ego defensive yaitu melindungi seseorang dari keraguan yang muncul dari dalam dirinya atau dari dalam dirinya atau dari factor luar yang muncul dari luar yang mungkin menjadi ancaman bagi dirinya.\
3.   Fungsi memrtahankan ego ex: pria ga ngeroo ga jantan
4.   Fungsi ekspresif nilai berfungsi untuk menyatakan nilai-nilai, gaya hidup dan identitas social seseorang.
5.   Fungsi pengetahuan yaitu pengetahuan yang baikmengenai suatu produk mendorong seseorang untuk membeli produk
Ø  Strategi mengubah sikap konsumen:
1.      Kombinasi beberapa fungsi ex: pertama konsumen menyukai modem AHA karena harganya murah, kedua konsumen menyukai modem AHA karena aksesnya cepat, yang ketiga munyukai modem AHA karena sedang trend.
2.      Megasosiasikan produk dengan sebuah kelompok atau peristiwa ex: piala dunia yang sangat mendunia sehingga banyak produ-produk yang ingin menjadi sponsor acara ini.
3.      Memecahkan konflik dua sikap yang berlawanan ex: orang menyukai susu karena banyak manfaatnya tetapi tidak menyukai susu karena usu bisa bikin gemuk,
4.      Mengubah evaluasi relative terhadap atribut ex: konsumen merubah citra prouknya
5.      Mengubah kepercayaan merek ex: mengubah persepsi atau sikap konsumen terhadap merek produknya.
6.      Menambah sebuah atribut pada produk ex: memberikan atribut baru pada produk
7.      Mengubah penilaian merek secar menyeluruh
8.      Mengubah kepercayaan terhadap mereak peasing
Ø  Model sikap
1.      Model tiga komponen
a.       Komponen kognitif : sikap yang menggambarkan pengetahuandan persepsi terhadao suatu objek sikap
b.      Komponen afektif : menggambar perasaan dan emosi seseorang terhadapsuatu produk atau merek
c.       Komponen konatif : sikap yang menggambarkankecenderungan dari seseorang untukmelakukan tindakan tertentuyang berkaitan denganobjek sikap.
2.      Model sikap multiatribut fishbein
a.       Atribut (salient belief) : kepercayaan kosumen bahwa produk memiliki berbagai atribut
b.      Kepercayaan (belief): kekuatan kepercayaan bahwa suatu produk memiliki atribut tertentu
c.       Evaluasi atribut : evaluasi baik buruknya suatu atribut dengan menggambarkan pentingnya atribut bagi konsumen.

Besad on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : teori dan penerapannya dalam pemasaran (consumer behavior: theory and application in marketing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar