Senin, 11 April 2011

RESUME PERILKON BAB 6

BAB 6 PENGETAHUAN KONSUMEN
summarized by DWI RIZKY GUSTINA C44080037
 (Majoring Marine Fisheris Tecnologi and Manajement, Agriculturan University, Bogor Indonesia)
          Pengetahuan konsumen merupakan semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen
 ·   Tingkat Pengetauan Produk
   Tingkat pengetahuan produk merupakan kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk, merek, terminology produk, atribut atau fitur produk, harga produk dan kepercayaan mengenai produk.

·   Jenis Pengetahuan Produk
   Pengetahuan Atribut Produk yaitu konsumen melihat produk berdasarkan pada karakteristik atau cirri atribut dari atribut tersebut. Atribut produk terdiri dari atribut fisik dan atribut abstrak.
a)      Aribut fisik yaitu yang menggambarkan cirri fisik produk contoh: HP Nokia 3210 yang modelnya besar dan panjang.
b)      Atribut abstrak yaitu atribut yang menggambarkan karakteristik subjektif dari suatu produk berdasarkan persepsi konsumen. Contoh konsumen lebih memilih TV Sony dibandingkan merek TV lain karena dianggap TV sony lebih awet.

·   Pengetahuan manfaat produk
   Pengetahuan manfaat produk merupakan penting bagi onsumen karena pengetahuan produk akan memepengaruhi kepurusan pembelian. Manfaat produk contohnya ketika kita membeli sayur dan buah karena kita mngetahui manfaat dari buah dan sayur untuk kesehatan kitasehingga konsumen menutuskan membeli sayur dan buah.
·   Terdapat dua jenis manfaat yang akan dirasakan konsumen
1.      Manfaat fungsional merupakan manfaat yang dirasakan konsumen secara fisiologis. Contohnya:
o   Minum teh dapat menghilagkan haus
o   Menggunakan telepon seluler mempermudah konsumen untuk berkomunikasi
2.      Manfaat psikososial yaitu aspek psikologis (perasaan, emosi dan mood) dan aspek social (persepsi konsumen terhadap bagaimanan pandangan orang lain terhadap dirinya) yang dirasakan konsumen seelah mengkonsumsi suatu produk. Contohnya:
o   Seseorang menggunakan mobil BMW karena menganggap bahwa mobil BMW merupakan symbol kesuksesan karir seseorang.
·   Manfaat Positif dan Negatif
o Contoh manfaat positif: konsumen tidak menggkonsumsi rokok sehingga konsumen mendapatkan mafaat positi yaitu kesehatan jasmani
o Contoh manfaat negative: konsumen mengunakan HP tidak sesuai dengan petunjuk maka Hpnya akan cepat rusak
·         Segmentasi manfaat dapat didasari dari manfaat suatu produk sehingga segmentasi dalam pemasaran lebih terarah
·         Pesepsi resiko mempengaruhi jumlah informasi yang dicari konsumen
·         Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahua tentang took, lokasi, produk di dalam toko tersebut dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut
·         Perilaku membeli memiliki urutanyaitu store contac, product contac, dan transaction.

Besad on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : teori dan penerapannya dalam pemasaran (consumer behavior: theory and application in marketing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar