Senin, 11 April 2011

RESUME PERILKON BAB 3

 (Chapter 3)
summarized by DWI RIZKY GUSTINA C44080037
 (Majoring Marine Fisheris Tecnologi and Manajement, Agriculturan University, Bogor Indonesia)

            Kebribadian berkaitan dengan adanya perbedaan karakteristik yang paling dalam pda diri (inner psychological characteristic) manusia, perbedaan karakteristik tersebut menggambarkan cirri unik dari masing-masing individu.
·   Karakteristik kepribadian
1.      Kepribadian menggambarkan perbedaa individu yaitu kepribadian menunjukan karakteristik yang terdalam pada diri manusia, merupkan abungan drai banyak factor yang unik sehingga tidak ada manusia yangsama persis.
2.      Kepribadian menggambarkan kosistensi dan berlangsung lama yaitu karakteristik individu telah terbentuk sejak masa kevil dan telah melampaui dan mempengaruhi perilaku individu secara konsisten dan lama  dimana kepribadian itu sulit untuk di ubah.
3.      Kepriobadian dapat di ubah yaitu kepribadian bersifat permanen dan konsisten tetapi kepribadian bisa saja dirubah. Hal ini menyebabkan kepribadian dapat berubah dikarenakan adanya situasi.
·   Teori kepribadian
1.      Teori kepribadian Freud
Teori ini menyatakan bahwa kebutuhan yang tidak disadar atau dorongan diri dalam diri manusi (drive), seperti dorongan seks dan kebutuhan biologis adalah inti dari motivasi dari kepribadian manusia. Teoti kepribadian freud terdiri dari tiga unsur yaitu Id, Super ego dan Ego.
a)      Id yaitu aspek biologis dalam diri manusia yang ada sejak lahir, yang mendorong maunculnya kebutuhan fisiologis seperti rasa lapar, haus, nafsu sesks.
b)      Super ego yaitu aspek psikologis pada diri manusia yang menggambarkan sifat manusia untuk tunduk danpatuh kepada norma-norma soail, etika dan nilai-nilai masyarakat
c)      Ego yaitu unsure yang bisa disadari dan dikontrol oleh manusia. Ego berfungsi menjadi penengah antara Id dan superego. Ego berusaha mengimbangkan apa yang ingin dipengaruhi oleh id dan apa yang dituntut oleh super ego agar sesuidengan norma social.
2.      Teori Neo-Freud
      Teori ini mengembangkan suatu teori kepribadian yang disebut sebagai teori social psikologi atau teori Neo Freud. Teori ini berbeda dengan Freud dalam dua hal:
a)      Lingkungan social yang berpengaruh dalam pembentukan kepribadian manusia bukan insting manusia
b)      Motivasi berprilaku diarahkan untuk memenuhi kebutuhan manusia
      Honey juga membahas rasa khawatir tersebut pada diri manusia sebagai dampak dari hubungan antara orang tua dan anak dan individu selalu ingin mengatasi masalah kehawatiran tersebut. Honey mengemukakan model kepribadian manusia terdiri atas tiga kategoti yaitu:
a)      Compliant adalah kepribadian yang dicirikan adanta ketergantungan seseorang kepada orang lain.
b)      Aggressive adalah kepribadian yang dicirikan adanya motivasi untuk memperoleh kekuasaan
c)      Detached adalah kepribadian yang dicirigan dengan selalu ingin bebas, mandiri, mengandalkan diri sendiri dan ingin bebas dari berbagai kewajiban
3.      Teori Ciri
      Teori ini mengklasifikasikan manusia dalam karakteristik atau sifat dirinya yang paling menonjol. Ciri atau trail adalah karakteristik psikologi yang khusus, yang didefinisikan sebagai “Any distinguishing, relatively enduring way in which one individual differs from another”.
·         Gaya Hidup meruoakan konsep yang lebih baru dan lebih mudah terukur dibandingkan kepribadan. Gaya hidup didefinisikan sebagai pola dimanan orang hidup dan menggunkan uang dan waktunya.
·         Psikografik adalah suatau instrument untuk mengukur gaya hidup yang memberikan pengukuran kuantitatif dan bisa dipakai untuk menganalisis data yang sangat besar. Psikografik analisis biasanya dipakai untuk melihat segmen pasar. Analisis psikografik sring juga diartikan sebagai suatu riset konsumen yang menggambarkan segmen konsumen dalam hal kehidupan mereka pekerjaan dan aktivitas lainnya.

Besad on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : teori dan penerapannya dalam pemasaran (consumer behavior: theory and application in marketing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar